Saturday, April 2, 2011

Cahaya Kegelapan

Gue gak ngerti kenapa ini semua harus terjadi pada gue. Apa salah gue sampe gue harus menanggung semua penderitaan ini? Mungkin ini semua memang takdir. Tapi ini gak adil! Gue butuh hidup normal! Kehidupan yang seperti orang-orang biasa lainnya. Gue gak tahan! Gue harus…

“Woi! Mau kemana lo?” tiba-tiba aja ada tangan yang memegang pundak gue. Jelas gue kaget dan langsung nengok ke belakang. Ada seorang cowo ternyata. “Eh, elo… Mau ke kantin nih. Napa emang?” jawab gue sambil terus berjalan.

“Oh… Temenin gue ke perpus yuk,” lanjutnya.

“Ntar yah gue jajan dulu.”

“Oke deh. Gue sekalian jajan juga deh.” Namanya Brandon, dia teman baik gue sejak gue masih di SD. Dia udah gue anggap saudara sendiri.

Abis jajan makanan kesukaan gue, nasi uduk, gue dan Brandon langsung lari ke perpustakaan kampus, takut gak keburu waktunya. Disana Brandon mencari-cari buku untuk mata kuliahnya. Gue yang emang dasarnya gak suka baca hanya melihat-lihat saja. Tiba-tiba pandangan gue terfokuskan pada sebuah sampul buku yang terlihat menarik bagi gue. Gue ambil buku itu dan membukanya acak. Terbukalah sebuah halaman yang isinya hanya warna hitam tanpa ada warna lain setitikpun. Gue gak ngerti maksud dari halaman itu apa, jadi gue coba buka halaman selanjutnya.

Brak! Buku itu terjatuh ke lantai. Tangan gue kaku! Entah kenapa gak bisa digerakkan sama sekali. Gue ngerasa tangan gue layaknya batu. Gue langkahkan kaki gue ke tempat Brandon berpijak. Sesampainya disana Brandon seperti tidak mempedulikan gue, gue coba panggil-panggil dia, tapi gak ada respon sama sekali darinya. Tiba-tiba Brandon berlari ke arah tempat gue tadi menemukan buku aneh itu. Gue ikuti langkah kakinya. “What!” teriak gue. Gue ngeliat ada diri gue tergeletak disana. Gue bener-bener gak ngerti ini kenapa.

Bel alarm handphone gue berbunyi, aarghh udah pagi lagi ternyata. Gue ambil handphone Nokia gue yang udah tak berbentuk layaknya handphone normal, gue pencet tombol untuk mematikan alarm itu. Gue coba angkat badan gue yang masih lemas ini. Mata gue seakan masih ingin dipejamkan, terasa berat sekali. Tapi gue harus bangun, gue ada kuliah pagi hari ini. Salah gue semalem nonton Arsenal lawan Blackpool sampai jem tiga subuh, ngantuk memang, tapi ada rasa puas karena tim kesayangan gue, Arsenal menang 4-1.

Gue ambil anduk gue dan langsung beranjak ke kamar mandi. Keran air panas gue puter, pagi-pagi gini emang paling enak mandi air panas. Selesai mandi gue langsung ambil baju gue di lemari dan memakainya. Gue siap-siapin semua peralatan dan barang bawaan gue buat kuliah hari ini, gue masukin ke dalam tas baru pemberian pacar gue kemarin.

Langsung aja gue berangkat naik motor Mio pemberian nyokap gue, yah biarpun belinya bekas tapi lumayan buat pergi-pergi ke kampus sama ngapel ke rumah pacar. Di lampu merah, gue ngeliat ada kakek-kakek berambut putih panjang memakai baju hitam seperti Ki Joko Bodo kira-kira. Dia datang menghampiri gue yang lagi menunggu nyalanya lampu hijau. Matanya yang seram menatap gue dengan tajam. “Kaulah orangnya,” bisiknya pelan di telinga gue. Jelas gue bingung dengan kata-kata si kakek ini. Gue orangnya? Orang buat apa? Tanpa sadar lampu sudah menyala hijau, dan mobil di belakang sudah mengklaksoni gue berkali-kali dari tadi. Langsung aja gue tancap gas dan melupakan apa yang dikatakan si kakek itu.

Gue nyampe kampus barengan sama sahabat gue, biarpun dia naik mobil dan gue cuma naik motor. Kita jalan bareng ke dalem kampus. Fakultas kita memang beda, gue di teknik mesin dan dia di psikologi, tapi gedungnya sebelahan.

Di kelas tiba-tiba gue terbayang-bayang oleh sosok kakek yang gue liat di lampu merah tadi. Dan gue teringat dengan bisikannya. Akhirnya gue jadi bengong di kelas memikirkan hal itu. “Duh!” teriak gue spontan ketika Randy menimpuk kepala gue dengan baut. Semua pikiran gue melayang saat itu juga. Langsung aja gue ambil baut tadi dan gue balas timpukannya. Prang! Si Randy menghindar dan timpukan gue mengenai kaca jendela yang ada disebelahnya. “Mati gue!” teriak gue. Si dosen udah ngeliatin gue dengan wajah garangnya. “Ampun pak! Nanti saya ganti kok, tenang aja,” kata gue. “Yasudah, sana kamu bersihkan pecahan kacanya!” suruhnya. “Iya pak,” jawab gue.

Jam mata kuliah tadi baru saja selesai, gue langsung keluar karena perut gue udah bunyi dari tadi. Gue berjalan dengan langkah terburu-buru ke kantin yang jaraknya lumayan jauh dari kelas gue. Rasanya badan gue lemas semua, mungkin karena belom makan dari tadi pagi.

Gue liat banyak orang-orang datang berlarian ke arah Brandon. Wajah mereka terlihat panik semua. Badan gue digotong ramai-ramai oleh orang-orang itu. Gue pun ikut berlari kearah Brandon dan melihat orang yang mereka gotong, dan ternyata benar itu gue! Bulu kuduk gue mulai berdiri dan badan gue mulai bercucuran keringat dingin. Gue benar-benar takut. Apa gue sudah mati dan yang digotong itu mayat gue atau ini semua cuma khayalan gue? Atau… Aarrghh gue bingung!

Diujung tangga gue liat sosok hitam yang sepertinya gue kenal, ah itu kakek yang gue liat di lampu merah! Dia hanya melihat tubuh gue yang digotong. “Inilah saatnya,” tiba-tiba ia berkata pelan. Gue yang tadinya ikut berjalan mengikuti orang-orang yang menggotong tubuh gue akhirnya berhenti mendengar perkataan kakek itu. Dia melihat ke arah gue dengan tatapan tajam lalu pergi begitu saja. Gue makin heran dengan orang itu, tapi mungkin apa yang ia katakan itu bisa jadi petunjuk buat gue bisa kembali ke tubuh gue.

Tiba-tiba saja di langit terlihat bulatan hitam yang menyorot seperti cahaya ke arah gue, seperti cahaya di jendela pada pagi hari tapi ini warnanya hitam. Gue ngerasa badan gue seakan terhisap oleh cahaya gelap itu. Gak cuma terhisap, sekarang seluruh badan gue terasa kaku, gak cuma tangan gue doang.

Kini gue ngerasa kaki gue udah gak berpijak pada tanah. Gue mulai terangkat sepertinya. Gue gak ngerti ada apa ini, gue cuma bisa pasrah karena tubuh gue udah gak bisa digerakin sama sekali.

Sekarang disekeliling gue hanya ada kegelapan, gue gak tau gue ada dimana. Badan gue udah mulai bisa digerakkan, tapi masih terasa sedikit kaku. Gue mencoba berjalan, namun sejauh apapun gue berjalan tempat ini seakan gak ada habisnya. Disini gue makin takut, gue belom pernah ngerasain rasa takut yang sebesar ini sebelumnya. Malah bisa dibilang gue orang yang pemberani. Apa mungkin ini akhir perjalanan hidup gue?

“Hai kamu manusia! Huahahaha!” tiba-tiba terdengar suara yang menggelegar. Takut… Jujur gue takut banget. Itu suara apa, batin gue. Keringat dingin terus bercucuran dari seluruh tubuh gue. Tiba-tiba muncul sesosok wajah tepat di depan wajah gue seperti killerjo yang sering gue gunakan buat ngerjain temen gue. Spontan gue langsung melompat mundur sampai gue terjatuh. Setelah gue perhatikan ternyata itu si kakek yang pernah gue liat itu. Mengapa ia selalu muncul? Apa dia dalang dari semua ini? “Si.. siapa lo?” tanya gue terbata-bata. Tubuh kakek itu berubah, sepertinya dia akan menunjukkan wujud aslinya di hadapan gue. Benar dugaan gue, kakek itu menunjukkan wujudnya yang asli. Wajahnya benar-benar menyeramkan, lebih seram dari killerjo. “Kaulah putera kegelapan,” katanya.

“Putera kegelapan? Gue?”

“HAHAHAHAHA! Ya kamu! Siapa lagi!”

“Apa maksudnya ini?”

“Nanti kau juga akan mengerti sendiri”

“Mengerti sendiri?”

“Ya, sekarang kembalilah ke tubuhmu dan lakukan tugasmu!”

“Tugas?” gue semakin bingung dan gak ngerti. Apa yang dimaksud dengan putera kegelapan, tugas gue?

“Donny!! Woi Donny udah sadar!” teriak Brandon. Gue yang matanya baru melek langsung melihat wajah Brandon yang sangat gembira melihat gue udah sadar. Gak cuma Brandon, gue liat banyak temen-temen gue yang lain mengerumunin gue, termasuk cewe gue, padahal kita beda kampus. Langsung aja Brandon dan Nessa, cewe gue, membawa gue ke mobilnya Brandon. Brandon membawa gue pulang dan motor gue dibawa oleh Nessa karena gak mungkin mereka ngebiarin gue bawa motor sendiri.

Bel alarm handphone butut gue kembali berbunyi pagi ini. Gue melakukan rutinitas pagi gue seperti biasa. Waktu gue ngaca di kamar mandi, gue kaget banget ngeliat muka gue penuh keriput. Gak mungkin gue keluar rumah dengan muka kayak gini. Tapi gue harus kuliah, hari ini ada mata kuliah yang penting banget. Yasudahlah gue berpasrah aja dan tetap pergi ke kampus dengan keadaan seperti ini.

Sesampainya di kampus, gue gak ngebuka helm gue, gue jalan ke dalem kelas masih pake helm. Di jalan menuju kelas, gue ngeliat ada seorang mahasiswa yang terjatuh. Gue langsung aja nyamperin dan ngebantuin dia. Tapi… Entah kenapa gue tergiur ketika melihat darah yang ada di sikunya. Gue gak tahan! Akhirnya habislah dia.

Setelah itu gue merasakan kesegaran kembali di muka gue, dan habis gue pegang, ternyata sudah tidak keriput lagi. Tapi setelah gue ngeliat mayat mahasiswa tadi, muncul perasaan bersalah yang sangat besar.

Sekarang hidup gue penuh dilema, gue butuh darah buat tetap hidup tapi gue gak pengen membunuh. Gue benar-benar tersiksa dengan ini. Gue butuh hidup gue yang seperti dulu. Tapi takdir sudah berkata lain. Sekarang wajah gue mulai keriput lagi. Dan badan gue terasa lemas, gue gak tahan! Ya, gue harus demi kelangsungan hidup gue.

No comments:

YG NGIKUT